Minggu, 11 Maret 2012

Selamat Kepada Rektor UT Terpilih Menjadi Presiden ICDE


Universitas Terbuka (UT) memperoleh kebanggaan dan pengakuan di dunia internasional dengan dikukuhkannya Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati. M.Ed., Ph.D., sebagai Presiden suatu lembaga Internasional Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh atau International Council for Open and Distance Education (ICDE). Ibu Tian juga telah menjadi wanita asia pertama yang menjadi presiden ICDE dan sangat mengharumkan nama UT di dunia internasional.

ICDE merupakan organisasi internasional yang memayungi pelbagai komunitas pendidikan terbuka dan jarak jauh di seluruh dunia. Organisasi ini didirikan tahun 1938, dan berpusat di Oslo, Norwegia. Saat ini ICDE memiliki anggota lebih dari 60 negara, yang dipresentasikan oleh 6 orang anggota Executive Committee (EC). Satu EC dipilih oleh seluruh individu anggota ICDE, dan 5 EC dipilih oleh anggota lembaga pendidikan jarak jauh. Anggota executive inilah yang memperoleh mandat untuk memilih Presiden ICDE.

Kini masyarakat Indonesia tidak perlu meragukan kuliah jarak-jauh dan terbuka seperti yang dilakukan Universitas Terbuka. Pendidikan tinggi jarak jauh dan terbuka dapat mendorong peningkatan kapasitas diri anak bangsa dengan biaya kuliah terjangkau dan berkualitas.

Tidak ada komentar: